Definisi Inklusi Keuangan menurut Berbagai Sumber

Definisi Inklusi Keuangan menurut Berbagai Sumber

Dalam kehidupan sehari-hari, ternyata kita tidak terlepas dari adanya praktik inklusi keuangan. Secara umum, definisi inklusi keuangan itu berkaitan dengan beragam transaksi keuangan di Indonesia. Acapkali, inklusi keuangan merujuk pada faktor jumlah orang yang berstatus sebagai nasabah atau pengguna jasa layanan keuangan. Berikut selengkapnya.

Inklusi Keuangan Menurut KBBI

Untuk mengetahui apa itu inklusi keuangan, kita kembalikan lagi ke asal kata atau berdasarkan terminologinya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, inklusif itu memiliki arti “termasuk, terhitung”. Sama halnya dengan makna kata dari inklusi. Sedangkan uang maupun keuangan merujuk pada kata benda.

Dengan begitu, kita jadi tahu, bahwa inklusi keuangan tidak berorientasi pada proses, metode, atau mekanismenya. Akan tetapi, hal-hal yang bersifat prinsipil tersebut memiliki peranan penting untuk mendukung tumbuh-kembangnya inklusi keuangan di Indonesia. Saat ini, sudah banyak sekali jasa keuangan yang ada di Indonesia.

Sektor yang paling populer adalah simpan dan pinjam. Media praktiknya ada yang berbasis perbankan maupun non-bank. Jenis lain yang tidak kalah populer mungkin berupa investasi dengan segenap instrumennya. Kemudian ada pula yang namanya asuransi dan sudah diterapkan secara luas serta sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Saat ini, peredaran inklusi keuangan di Indonesia diawasi oleh BI serta OJK. Sebagai bank sentral, BI memiliki peranan penting terhadap stabilitas keuangan negara. Soalnya inklusi keuangan yang baik berhubungan erat dengan praktik keuangan dari kalangan swasta maupun nasional. Sedangkan pengawas serta regulator resminya masih OJK.

Inklusi Keuangan Menurut CGAP-GPFI

CGAP-GPFI merupakan kependekan dari The Consultative Group to Assist the Poor. Menurut CGAP-GPFI, inklusi keuangan merupakan kondisi pada saat semua orang yang masuk berusia angkatan kerja sudah mampu mengakses tabungan, kredit, asuransi, serta sistem pembayaran ke seluruh jasa layanan keuangan.

Definisi inklusi keuangan ini sangat kompatibel dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini. Akses ekfektif yang dimaksud meliputi keamanan & kenyamanan layanan. Termasuk juga tanggung jawab serta mampu dijangkau oleh masyarakat secara luas. Baik yang berangkat dari kalangan bawah hingga kalangan atas.

Dengan adanya inklusi keuangan tersebut, maka diharapkan masyarakat luas mampu memanfaatkan layanan sebaik mungkin. Inklusi keuangan hanya menjembatani masyarakat dengan layanan keuangan secara formal. Soalnya setiap jasa layanan keuangan harus secara resmi terdaftar oleh pihak regulator, yakni OJK.

Inklusi Keuangan Menurut Bank Indonesia

Berbeda dengan definisi sebelumnya, peran BI lebih sakral lagi, yakni berposisi sebagai pembuat kebijakan inklusi keuangan. Dengan begitu, peningkatan yang terjadi sepenuhnya menjadi PR BI dan segenap jajarannya. Termasuk literasi inklusi keuangan yang harus dipahami untuk meningkatkan jumlah nasabah atau pengguna atas jasa layanan keuangan itu.

Kebijakan yang diterapkan oleh BI berbentuk pendalaman layanan keuangan. Khususnya yang menyasar kalangan menengah ke bawah. Soalnya  di Indonesia masih didominasi oleh kalangan yang belum punya rekening serta yang berpendapatan kurang dari 3 juta Rupiah per bulan. Jadi, inklusi keuangan tidak hanya eksklusif untuk kalangan atas saja.

Dengan begitu, maka kemudahan akses pun bisa diperoleh. Sedangkan untuk mengukur peningkatan inklusi keuangan, BI punya indeks tersendiri yang dinamakan IIK atau Indeks Inklusif Keuangan. Variabel utama sebagai tolok-ukur peningkatan adanya inklusif keuangan meliputi penggunaan (usage), kualitas (quality), serta akses (access).

Mudah-mudahan definisi inklusi keuangan sekaligus peranannya dalam tubuh masyarakat tersebut bisa dengan mudah Anda pahami. Jangan sampai Anda pakai jasa keuangan, tapi belum tahu kebijakannya. Selengkapnya simak di https://www.cekaja.com/info/mengenal-inklusi-keuangan-pengertian-manfaat-dan-inovasinya-untuk-negara/.

Tinggalkan Balasan